Sabtu, 12 Mei 2012

PENDIDIKAN PENDAHULUAN BELA NEGARA (PPBN)



Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) adalah pendidikan dasar bela negara guna menumbuhkan kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan akan kebenaran Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk negara, serta memberikan awal bela negara.
Bela Negara adalah tekad, sikap dan tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia serta keyakinan akan kebenaran Pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan berkorban guna meniadakan setiap ancaman, baik dari luar maupun dari dalam negeri, yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah dan yurisdiksi nasional serta nilai – nilai Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.
PPBN merupakan perwujudan keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara melalui jalur pendidikan sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional. Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Sistem Pendidikan Nasional, maka penyelenggaraan PPBN harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang mengatur tentang pendidikan nasional, di mana pelaksanaannya dilakukan melalui pendidikan formal maupun non formal.
Unsur-unsur setiap bangsa dan negara:
1.    Bangsa dan negara terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama
2.    Bangsa dan negara adalah kelompok manusia.
3.    Bangsa dan negara adalah bauah hidup manusia dalam sejarah.
4.    Bangsa dan negara terbentuk karena adanya hasrat.
Didalam melakukan bela negara  harus memelihara hal-hal berikut:
1.    Keutuhan kewilayahan dari sabang samp[ai merauke.
2.    Pancasila da uud 1945 sebagai acuan berbangsa dan bernegara.
3.    Memelihara kekayaaan bangsa indonesia.
4.    Memelihara konsep nusantaradan ketahanan nasional.
Terus apa yang  harus dikembangkan dalam usaha bela negara? Yang harus dikembangkan adalah menggali, menghimpun, mengidentifikasi, mendiskripsikan dan menyusun peta budaya. Dan yang paling penting dalam melakukan bela negara yang harus melakukan hal-hal berikut:
1.    Melakukan pendidikan kewarganegaraan.
2.    Melakukan pelatihan dasar kemiliteran secara wajib.
3.    Pengabdian sebagai prajurit tentara nasional.
4.    Pengabdian sesuai profesi.



















Tidak ada komentar: