Sabtu, 20 Oktober 2012

Jejaring Sosial Buatan Indonesia juga Tidak Kalah dengan Jejaring Sosial Buatan Luar Negeri

Untuk saat-saat ini jejaring sosial yang paling banyak digunakan adalah twitter dan facebook. Pengguna terbanyak berasal dari kalangan anak-anak muda, orang tua juga menggunakan tapi tidak terlalu banyak. Selain jejaring tersebut yang banyak digunakan ternyata tidak sedikit yang menggunakn jejaring sosial buatan asli anak bangsa seperti fb.co.id, adandu, koprol, status book, digli dan masih banyak lainnya.
Salah satu jejaring sosial buatan asli Indonesia yang tidak kalah dengan jejeraing sosial luar negeri juga dapat dibilang mirip dengan facebook adalah saling saling/berteman dalam dakwah. Jejaring dengan fitur-fiturnya yang hampir sama dengan facebook seperti beranda, profil, catatan, album, acara dan lain-lain memberikan kebanggaan tersendiri untuk Indonesia karena dapat menciptakan jejaring sosial. Konsep dari saling sapa/berteman dalam dakwah sendiri adalah model jejaring sosial yang memberi wadah bagi pengguna terutama yang beragama Islam untuk menuangkan apa saja yang berkaitan dengan keislaman/dakwah. Perbedaan yang mencolok dari facebook adalah tidak berlakunya semua orang untuk menggunakannya jejaring sosial ini. Kalau di facebook semua orang boleh menggunakannya tanpa melihat perbedaan agama, tapi di saling sapa/berteman dalam dakwah diperuntukan untuk orang Islam.
Status yang dituliskannya pun berbau keislaman, baik itu curhatan, kata-kata mutiara, saran atau opini. Berbeda dengan facebook, fitur beranda di saling sapa ini tidak kembali pada berita pesan yang ada, akan tetapi kembali pada halaman awal yang memunculkan banyak berita. Diantaranya adalah adanya video streaming  ceramah oleh para da’i kondang seperti ustadz Yusuf Mansur, live streaming, rekaman surat-surat Al-Qur’an, atau dapat dibilang tampilannya seperti halaman muka sebuah blog.
Untuk lebih jelas mengetahui tentang jejaring sosial ini maka akan dipaparkan fitur-fitur apa saja yang disajikan, diantaranya:
1.    Dasbor
Merupakan fitur yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk kembali pada berita pesan/kalau di dalam facebook disebut beranda.
 2.    Undang
Fitur ini dapat digunakan untuk mengundang teman untuk bergabung dalam sebuah acara yang dibuat.
3.    Profil
     Tidak berbeda jauh dari facebook, fitur ini akan menampilkan profil dari pengguna saling sapa.
4.    Keluar
Fitur yang dapat digunakan untuk keluar dari aplikasi jejaring sosial saling sapa.
5.    Album
Dalam fitur ini, pengguna dapat memasukkan beberapa dokumentasi pribadinya yang berupa foto. Foto yang dimasukkannya tidak dibatasi berapa banyak jumlahnya. Jadi, ini juga mirip dengan facebook.
6.    Acara
Fitur ini dapat digunakan untuk membuat sebuah acara/kegiatan yang dapat diikuti
oleh para pengguna lainnya.
7.    Catatan
Dalam fitur ini pengguna dapat menuangkan ide-idenya yang berupa karangan singkat, puisi atau yang lain yang nantinya akan menjadi sebuah catatan pribadi di saling sapa.
8.    Teman-teman
Fitur ini akan menyediakan layanan dalam mencari teman di saling sapa.
9.    Blog
Berbeda dengan facebook, di saling sapa terdapat fitur blog. Blog di sini dapat kita gunakan untuk memposting tulisan kita di blog melalui jejaring sosial saling sapa.
10.     Akun
Dalam fitur ini para penguna diberikan fasilitas apabila ingin merubah profil, kata sandi, bentuk avatar dan juga terdapat informasi tentang jejaring sosial saling sapa.
11.     Beranda
Seperti yang saya jelaskan di awal tadi bahwa beranda di saling sapa itu tidak sama dengan facebook walupun keduanya terdapat fitur beranda. Fitur beranda di saling sapa ini tidak kembali pada berita pesan yang ada, akan tetapi kembali pada halaman awal yang memunculkan banyak berita. Diantaranya adalah adanya video streaming ceramah oleh para da’i kondang seperti ustadz Yusuf Mansur, live streaming, rekaman surat-surat Al-Qur’an, atau dapat dibilang tampilannya seperti halaman muka sebuah blog.
12.     Telusur
Melalui fitur ini, para pengguna saling sapa dimudahkan dalam mencari/menelusuri member, ulama’, masjid, channel dan berita.
13.     Ulama’
Dengan fitur ini, kita dapat mengetahui profil beberapa ustadz kondang di Indonesia seperti K.H. Muhammad Arifin Ilham, K.H Abdullah Gymnastiar, Yusuf Mansur, Bachtiar Nasir dan masih banyak lainnya.
14.     Masjid
Dengan fitur ini kita dapat mengetahui beberapa masjid yang dikelola oleh ustadz-ustadz yang saya sebutkan di atas.
15.     Al-Qur’an
Melalui fitur Al-Qur’an ini kita dapat mendengarkan recorded bacaan Al-Qur’an beserta terjemahannya mulai surat Al-Fatikhah sampai surat An-Nas.
16.     Saling Sapa TV
Fitur ini memudahkan pengguna untuk menikmati kajian-kajian Islam melalui televisi.
17.     Saling Sapa Radio
Fitur ini memudahkan pengguna untuk menikmati kajian-kajian Islam melalui radio.
18.     Khazanah
Di dalam fitur ini terdapat beberapa artikel khazanah yang dapat dibaca oleh para pengguna untuk menambah wawasan tentang keislaman.

            Kelebihan jejaring sosial saling sapa/ berteman dalam dakwah
1.    Dari sisi konten terdapat banyak fitur yang dapat digunakan oleh para penggunannya yang berbeda dengan jejaring sosial lainnya, seperti masjid, ulama’, saling sapa tv, saling sapa radio, dan khazanah.
2.    Memudahkan para pengguna untuk share tentang keislaman, karena jejaring sosial ini lebih bersifat dakwah/Islam.
           Kekurangan jejaring sosial saling sapa/ berteman dalam dakwah
1.    Hanya untuk kalangan muslim, ini berakibat tidak semua orang dapat ikut serta.
2.    Karena masih baru, pengguna jejaring sosial ini masih relatif sedikit.
3.    Konsep yang digunakan hampir mirip facebook.
4.    Secara tampilan, jejaring sosial ini kurang menarik.

semoga bermanfaat.......

Tidak ada komentar: