Minggu, 21 Oktober 2012

Google Lebih Tahu Tentang diriku dari pada Ibuku

Berbicara masalah teknologi tidak terlepas dari alat-alat modern yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam aktivitasnya. Hal ini juga berakibat terjadinya pertukaran informasi secara cepat, sehingga dengan teknologi tersebut dunia menjadi semakin sempit seperti “litle village”. Pertukaran informasi semakin singkat dengan adanya berbagai alat teknologi seperti HP, TV Radio, dan yang paling mutakhir adalah internet. Internet dapat digunakan sebagai sarana untuk menuangkan ide-ide yang bermanfaat, internet juga merupakan dua mata pisau yaitu mempunyai sisi baik dan buruk tergantung bagaimana memanfaatkannya.
Selain itu, di internet orang dengan mudahnya mencari informasi tentang apapun yang di inginkannya termasuk profil seseorang, instansi dan lembaga-lembaga lainnya. Salah satu konten sekaligus domain yang ada di internet adalah google. Google, adalah salah satu situs yang banyak dikunjungi orang untuk mendapatkan informasi apapun.
Kalau diibaratkan secara ekstrim, bahwa google lebih tahu dari apapun, termasuk orang-orang disekitar kita seperti ibu. Semisal kita ingin mengetahui profil Ir. Soekarno, tinggal ketik nama soekarno maka muncul banyak informasi tentang Soekarno. Begitupun dengan diriku, Google akan memberikan informasi tentang diriku dengan mudah dan cepat dari pada ibuku. Bahkan yang tidak diketahui oleh ibu google lebih tahu, tapi sepandai-pandainya google tidak lebih pandai dari ibuku yang dapat mengetahui hal yang menjadi rahasiaku yang tak mungkin diceritakan oleh google.
Akan tetapi google haya tahu tentang diriku sebatas berapa banyak informasi tentang diriku yang dimasukkan di internet. Semakin banyak informasi yang dimasukkan, maka semakin mudah pula orang/khalayak umum mendapatkan informasi tersebut. Tapi sebaliknya, semakin sedikit informasi yang dimasukkan di internet maka semakin kecil peluang mendapatkan informasi tentang diriku.
Google akan tahu tentang keadaan diriku semisal sedih, senang apabla kita menulis hal itu di internet. Tapi jika tidak ditulis maka google tidak bisa memberikan informasi kalau saya sedang sedih atau senang. Berbeda dengan ibu, beliau akan tahu keadaan kita apabila melihat langsung atau dengar dari orang lain, tapi apabila tidak melihat langsung atau mendengar dari sumber lain maka tidak akan tahu tentang keadaan diriku.

Tidak ada komentar: